Kamis, 21 Juli 2011

[Tips] Bikin Lawan Jadi Kawan

     Siapa sih yang nggak suka damai? Tapi ternyata ada aja konflik  kalau kita berhubungan dengan orang lain. Beda pendapat, mau menang sendiri, dan masih banyak hal lainnya yang membuat kita jadi nggak aware sama orang lain. Lalu terciptalah sebuah konflik. Yang seolah-olah kawan kita menjadi lawan, tapi berikut ini ada tips dari gue buat bikin lawanmu menjadi kawan.


1. Perbedaan itu indah
     Yakinkan pada hatimu, bahwa perbedaan itu indah banget. Coba deh liat pelangi, meski warna warni tetep enak dipandang mata. Jadi buat kamu yang komentar liat dandan orang lain yang sedikit nge-punk, kamu nggak usah menganggap dia seorang yang aneh karena nggak sama gayanya dengan gaya teman-temanmu yang casual.


2. Menerima pendapat
     Salah satu untuk mengerti orang lain adalah menerima perbedaan pendapat. Meskipun nggak sesuai dengan penndapat kita, karena pendapat kita belum tentu benar, begitu pula sebaliknya. Menerima pendapat caranya adalah mendengarkan pendapat "lawan" kita tentang kita, dengarkan sampai tuntas dan nanti asa waktunya untuk menjawab pendapat kamu.


3. Senyum
     Meskipun bete karena di omongin, di cuekin atau dipermalukan di depan umum. Usahakan senyum, karena senyum adalah salah satu cara untuk meringankan perasaan suntuk atau badmood. Senyum juga membuat kita terlihat sabar dan besar hati.


4. Empati
     Menerima pendapat adalah salah satu bentuk simpati, tapi kalau empati kamu harus bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain. Misalnya ketika kamu memberikan komentar, kamu mesti berhati-hati apakah komentar itu bisa menyinggung perasaannya atau tidak.


5. Maaf
     Maaf, merupakan salah satu kata yang simple namun sulit untuk diucapkan. Tapi dengan mengawali kata maaf, seseorang yang mendengarnya akan menurunkan kadar emosi mereka sampai 80%. Jadi sempatkanlah kata maaf itu dengan tulus terlontar kepada orang lain yang telah menyakiti hati kita, apalagi kalau kita punya salah.


6. Selesaikan tanpa adu otot
     Ada baiknya kalau kita punya konflik atau kesalahpahaman apapun. Diutarakan lewat system kekeluargaan, diajak duduk bareng, nongkrong bareng sambil minum teh hangat. hehe.. Pokoknya selesaikan masalah dengan kepala dingin dan terbuka. Kita semua pasti nggak suka yang namanya kekerasan, kamu juga kan?

0 komentar:

♕ teeotteeothe ♔ © 2008 Por *Templates para Você*