Kamis, 28 Juli 2011

[News] Hujan Deras Picu Longsor dan Banjir di Korea Selatan

     Yaampun gue baru dapet info menyedihkan tentang korea selatan :( Gue enggak sengaja baca di tweets-nya Saem 교사 @KoreanschoolID dia mengatakan "Buat yg blm tahu, Korea udah hujan berhari2 skrng di Seoul banjir total. Mobil byk yg gak selamat, landslide dimana2. Menurut berita yg td ssaem ikutin di KBS, saat ini Han river permukaan airnya naik 5m dr keadaan normal :( kmrn jg sempet Tornado. Transportasi paling fatal di Seoul yaitu subway jg sebagian gak bs beroperasi krn direndam air. Internet di bbrp bagian mati total. Hujan merendam keseluruhan Korea Selatan selama beberapa hari. Namun yg paling parah di Seoul :( Berita terakhir yg ssaem tonton, 13 org meninggal. Tp jumlah ini naik terus seiringnya waktu :( Bahkan daerah entertainment dan paling elit Seoul, Gangnam itu salah satu yg paling parah :'( Banjir ini dtg dengan sangat tiba2 di saat siang hari kerja. Jd byk bgt mobil gak terselamatkan dan terjebak dlm kemacetan. Saat ini Seoul hujan (lagi) dan cukup deras. :("
     Abis itu gue cari-cari deh info tentang kabar berita itu, dan akhirnya gue nemuin. Didalam situs SUMUT POS di tulis "SEOUL – Bencana banjir menerjang wilayah Korea Selatan (Korsel) dan Filipina hampir berbarengan kemarin (27/7). Hujan sangat deras  mengakibatkan banjir parah dan tanah longsor di Seoul hingga kota di utara Korsel kemarin. Sedikitnya, 32 orang tewas dalam musibah itu. Termasuk 10 mahasiswa yang melakukan bakti sosial dan bertugas sebagai sukarelawan.

Para mahasiswa tersebut tewas akibat tertimbun lumpur tebal dan puing-puing yang dibawa banjir ketika mereka terlelap di tempat pemondokan di Chuncheon, sekitar 110 kilometer timur laut Seoul. “Sepasang suami istri dan seorang pemilik convenience store juga ikut tewas,” terang Byun In-soo, petugas pemadam kebakaran Cuncheon.
Sekitar 500 pejabat dan warga yang membantu operasi penyelamatan ikut terjebak lumpur dan reruntuhan. Sekitar 24 orang terluka dan beberapa bangunan hancur akibat bencana tersebut. Menyusul bencana tersebut, pemerintah menyatakan status darurat di Seoul. Lalu lintas terputus dan terhenti akibat genangan banjir yang tinggi disertai lumpur.
Sejumlah saksi mata yang diwawancarai oleh televisi melukiskan bahwa mereka mendengar suara seperti ledakan yang dahsyat saat longsor menerjang. Sebagian yang lain mengaku mendengar bunyi keras dentuman kereta barang. “Saat itu, banyak bangunan roboh dan tersapu aliran air bah beserta Lumpur,” tutur seorang saksi mata. Di selatan Seoul, 16 orang dilaporkan tewas saat lumpur tebal menerjang dan menyapu habis rumah mereka di kaki sebuah gunung.
Petugas penyelamat darurat Kim Jong-seon menambahkan, tiga orang lainnya ditemukan tewas setelah terseret banjir yang menggenangi wilayah selatan ibu kota. “Sedikitnya, 10 warga di seantero negeri ini dilaporkan hilang akibat bencana tersebut,” kata Kim.
Menurut Badan Manajemen Darurat Nasional Korsel, hujan deras kemarin juga menenggelamkan ribuan rumah dan ratusan mobil di senatreo negeri itu. Sebanyak 620 warga kehilangan tempat tinggal.
Badai hebat juga memorak-porandakan Filipina. Sedikitnya 25 orang tewas dan sembilan lainnya hilang saat Badai Nock-ten mengakibatkan hujan deras serta angin kencang di sejumlah wilayah negara itu.
Berdasarkan data Departemen Pertahanan Sipil Filipina sekitar 645 ribu warga Provinsi Albay dan Camarines Sur, pesisir tenggara Luzon mengungsi. Badai itu mengakibatkan longsor untuk kali pertama." Yaampun segitu dasyatkah bencana itu? :(
     Dan ini gue mau nge-share beberapa fotonya :
Kendaraan rusak dan menumpuk di tepi jalan akibat longsor yang disebabkan hujan lebat di Seoul, Korea Selatan.

Petugas kepolisian berusaha memindahkan mobil yang mogok akibat terendan banjir di kota Seoul.

Puluhan mobil terendam banjir di kota Seoul. Hujan lebat yang melanda Korea Selatan menyebabkan banjir dan tanah longsor.

Seorang pria melintas diantara tumpukan kendaraan yang rusak akibat longsor di kota Seoul.

warga menaiki rakit saat di evakuasi dari daerah banjir yang melanda kota gwangju, korsel.

Tim penyelamat membawa jenazah korban longsor yang disebabkan oleh hujan lebat di Chuncehon, Korsel.




Landslide at EBS studio

0 komentar:

♕ teeotteeothe ♔ © 2008 Por *Templates para Você*