Rabu, 11 Januari 2012

Macam-macam Jajanan Kaki Lima Di Korea

    Kalian sering lihat tidak gambar di atas? Nah bagi pecinta drama korea pasti sudah tidak asing lagi deh sama tempat itu, soalnya sering sekali muncul di drama-drama korea. Ini dinamakan Pojangmacha atau street food stalls ya sejenis pedagang kaki lima gitu deh. hehe Banyak Pojangmacha di sepanjang kota seoul, beberapa Pojangmacha membangun tenda permanen dan ada beberapa menggunakan mobil terbuka. Selama musim dingin pedagang Pojangmacha menutup tempat dagangannya dengan tenda plastik. Biasanya yang dijual adalah Kimbab mini, Twigim (Sayuran, Udang, Cumi-cumi, dll goreng tepung, semua serba goreng tepung. Bahkan ada telur rebus goreng tepung).

Nah sekarang kita ulas yuk satu-satu? hmmh kita mulai darii...

1. Kimbab
Kalo ini kalian pasti udah tau kan? Karena ini pasti ada di setiap drama-drama korea. Kimbab ini bisa di bilang Sushi-nya korea. Kimbab ini terdiri atas wortel, timun, bayam, sosis, dan telur yang ditaruh di tengah2 nasi.

2. Tteokbokki
Ini adalah snack yang paling populer di korea, apalagi di pinggiran jalan pasar Namdaemun. Tteokbokki adalah kue beras yang diiris dan direbus dalam kuah/saus pedas & asam. Biasanya kuahnya terdiri dari pasta cabai, tepung dan sirup. Tteokbokki dapat dimakan begitu saja atau dicampur dengan twigim, telur rebus, goon mandu (pangsit), dan odeng (fish cake "kaya otak-otak mungkin"). Dan harganya KRW 4000 atau sekitar Rp.40.000

3. Odeng
Pasti kalian tau kan makanan ini? Itu lho yang dimakan sama Gu Jun Pyo sampe bertusuk-tusuk atau yang dimakan sama Jonghyun 'SHINee' di acara Hello Baby. Pasti kalian mengira ini terbuat dari usus kan? Bukan, odeng ini terbuat dari fish cake yang direbus dan ini aslinya dari jepang. Odeng ini juga ditemani dengan sup yang terbuat dari lobak dan kaldu ikan teri dan merica. Biasnya dihidangkan dimangkuk kertas dan enak dimakan saat cuaca dingin. Harganya sekitar 1000-2000 Won /porsi, murah menurut ukuran orang korea.

4. Jajangmyeon
Ini adalah mie saus goreng. Aslinya dari cina, tapi kalau gaya korea bawang dan kentangnya lebih banyak. Harganya KRW 4500 atau sekitar Rp. 45.000.

5. Sundae
Ini adalah usus dengan berbagai macam isi. Paling umum adalah mie dan darah babi, juga dikenal dengan sosis darah.  Harganya KRW 2000 atau sekitar Rp. 20.000.

6. Sosis dan fish cake sausages
Ada yang ditaburi wijen dan ada yang tidak.

7. Chicken nugget goreng
Dengan saus manis pedas dan ditaburi wijen. Yang dibelakang adalah goon mandu goreng, yaitu pangsit Korea isi daging babi cincang, soun, dan bawang.

8. Dakkochi
Dakkochi itu yang kaya sate ayam tanpa kulit dimakan dengan sayuran, sausnya manis dan spicy. Ya mungkin kaya sate ayam tumis.


Sumber : Yeinjee(dot)com+fatman-seoul.blogspot.com, yeppopo

0 komentar:

♕ teeotteeothe ♔ © 2008 Por *Templates para Você*